Hari Ini:

Jumat 15 December 2017

Jam Buka Toko:

Jam 08.00 s/d 17.00 WIB

Telpon:

0251-7550146

SMS:

+6281210001968

Email:

pumping127@gmail.com

Layanan Online:

Resensi Buku Menjadi Guru Kaya by Midi Hardiani

11 Juli 2014 - Kategori Blog

 

Oleh : Midi Hardiani
Judul Buku       : Menjadi Guru Kaya melalui Perubahan Paradigma To Be Quadran
Penulis            : Amir Teuku Ramli
Tahun Terbit    : 2005
Penerbit          : Pustaka Inti
Tebal              : 96 hal
Buku ini merupakan buku motivasi untuk para Guru yang selalu merasa bahwa profesi Guru adalah sesuatu yang tak pantas untuk dibanggakan. Buku ini memotivasi para guru bahwa untuk menjadi guru kaya bukan apa yang harus mereka lakukan untuk menjadi kaya, tapi bagaimana mereka ‘berpikir’ secara kaya terhadap profesi guru dan mampu membaca peluang-peluang di dalamnya. Menjadi guru kaya (to be) berbeda dengan memiliki kekayaan melalui pekerjaan sebagai guru (to have) walaupun outputnya sama tetapi proses dan caranya berbeda sehinggga proses dan cara yang berbeda itulah yang akan menentukan terhadap keberadaan sebagai seorang guru.
Buku ini mengajarkan pembaca khususnya para guru untuk berbahagia bahwa profesinya sebagai guru. Ketika calon guru dan lulus sebagai sarjana pendidikan (SPd) khususnya seangkatan dengan teman-teman yang lainnya, tentu banyak persaingan, semua sama dari segi pengajaran, pengalaman, tapi yang menjadikan guru yang satu  berbeda dengan guru yang lain adalah talenta diri sendiri, buku ini mengajarkan para guru mengembangkan talenta diri sendiri. Disebutkan ada contoh kasus seorang guru fisika yang yang mengikuti sebuah latihan ditanya oleh seorang instruktur. “bapak berapa lama mengajar?” “20 tahun”. Jawab bapak tersebut singkat. “bapak bisa menuliskan kembali apa yang bapak ajarkan selama 20 tahun itu?”. “bisa!” jawab bapak itu tegas. Maka instruktur pun menjawab: “bapak bisa menjadi kaya dengan kemampuan bapak itu. “Tuliskan kembali apa yang telah bapak ajarkan selama 20 tahun itu dan kirim ke penerbit!”. Artinya bahwa banyak hal yang dapat dilakukan oleh guru-guru agar bisa kreatif mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh para guru. Disajikan pula penjelasan rinci tentang GURU KAYA berdasarkan cara pandang guru itu sendiri terhadap profesinya. Melalui buku ini; paradigma para guru akan dibangun kembali, keyakinan dan rasa percaya diri guru akan bangkit dengan pergeseran KUADRAN TO BE (menjadi) melalui 4 perubahan utama, guru pekerja (pegawai), guru profesional (pekerja lepas), guru pemilik (keahlian), guru perancang (pembuat sistem).
Buku saku yang sederhana ini memang banyak menyimpan pengetahuan untuk para guru agar dapat mengembangkan diri menjadi guru profesional, tapi buku ini dikemas dengan buku motivasi yang tak beratuan. Setiap judul dijadikan terpisah dan terkesan sembarang. Jika buku ini disajikan secara sistematis misalnya dari awal bagaimana paradigma guru selanjutnya mencapai tahapan-tahapan menjadi guru kaya akan lebih bagus lagi. Mungkin karena ini semacam buku motivasi maka isinya pun seperti halaman-halaman yang penuh kata bijak dan ajakan walaupun banyak teori yang disajikan sebagai pendukung, akan tetapi jika buku ini disajikan dengan urutan yang jelas mungkin para guru akan dapat lebih memahami dan mengikuti bagaimana proses-proses tersebut berjalan. Dari segi judul buku ini mungkin agak kurang menarik atau mungkin terkesan norak, karena yang memegang buku ini pasti malu karena ia berusaha menjadi guru kaya, secara tak sadar dengan judul tersebut penulis memang setuju bahwa kenyataanya banyak guru yang tidak kaya. Akan tetapi saya akui memang buku ini banyak menyimpan gagasan baru untuk mengembangkan potensi para guru.
Walaupun buku sederhana ini tentu tidak memadai untuk mengubah pandangan guru seluruh Indonesia, akan tetapi buku ini sedikit banyak akan memberi andil dalam revolusi paradigma para guru. Buku ini selain mengubah paradigma para pembaca mengenai profesi guru, juga memotivasi para guru untuk menjadi guru yang kaya, Untuk para pembaca saya sarankan untuk membaca buku ini khususnya bagi anda para guru yang masih merasa bahwa profesi guru tak ada apa apanya dan gaji tak seberapa tapi dengan buku ini saya yakin anda akan menjadi guru yang luar biasa. Kaya hati, kaya ilmu, dan kaya harta. Bersiaplah menjadi guru kaya.

sumber: http://keretaputar-online.blogspot.com/2012/05/resensi-buku.html

​​