Hari Ini:

Kamis 21 September 2017

Jam Buka Toko:

Jam 08.00 s/d 17.00 WIB

Telpon:

0251-7550146

SMS:

+6281210001968

Email:

pumping127@gmail.com

Layanan Online:

Resensi Buku Guru Idola by Deni Purba

11 Juli 2014 - Kategori Blog

by Deni Purba

JUDUL BUKU : MENJADI GURU IDOLA (MENGAJAR DARI KEDALAMAN CINTA)

PENGARANG : AMIR TENGKU RAMLY

PENERBIT : PUSTAKA INTI

JUMLAH HALAMAN : 111 LEMBAR
Buku yang satu ini memang unik dan sangat pantas untuk dijadikan sebuah buku pegangan wajib bagi guru yang ingin mempraktekkan proses pembelajaran yang lebih bermakna kepada semua muridnya. Membaca buku ini dapat memberikan beberapa gairah baru dalam seni mengajar di dalam kelas.

Amir Tengku Ramly, sang penulis mengawali taushiyahnya dengan memberikan resep terbiasa “tersenyum” kepada semua murid sebagai pintu gerbang guru dalam mengajar dari kedalam cinta didepan kelas. Resep ini terkenal sangat manjur menjadikan murid-murid merasa tidak takut menjalani kehidupannya di sekolah.

Peta gagasan yang ingin di sampaikan dalam buku kecil ini hanya ada dua, akan tetapi penuh dengan hikmah-hikmah pengajaran nyang bermakna. Gagasan yang pertama yaitu “Menjadi Guru Kaya dalam Proses Pengajaran di Kelas-kelas”. Bila guru mempraktekkan gagasan ini dengan baik maka setiap guru akan mampu mengajar dengan baik didalam kelas, selalu kaya dengan ide, dan kaya dengan kreatifitas. Gagasan kedua yaitu ajakan agar para guru dapat “Menjadi Guru Biofili”. Secara harfiah biofili diartikan sebagai bio (hidup) dan fili (jiwa) yakni; jiwa yang hidup. Namun secara istilah guru biofili adalah guru yang mampu memberikan pengajaran melalui kedalaman cinta berupa kebahagiaan, kasih saying dan pemahaman terhadap siswa/ anak didiknya.

Menjadi guru biofili diawali dengan membangun fondasi dari ‘mengajar’ (teaching) menjadi ‘belajar’ (learning). Dengan menjadi guru biofili, maka tidak akan ada lagi kata-kata ‘saya guru, kamu murid’, ’saya tahu, kamu tidak tahu’, ’saya berkuasa, kamu harus mau dikuasai’.

 

Guru yang telah berpindah dari paradigma teaching menjadi learning, maka akan terjadi perubahan dalam gaya mengajarnya. Bila biasanya mengajar hanya merupakan sebuah tehnik untuk mengugurkan kewajiban dalam bekerja, maka akan berubah menjadi guru yang mengajar dari kedalam cinta.

Menurut Amir Tengku Ramly, guru yang mengajar dari kedalam cinta memiliki sifat-sifat yang unik yaitu :

1. guru mengajar untuk kebahagiaan

2. guru mengajar untuk kesadaran

3. guru mengajar untuk memahami

4. guru mengajar untuk pembebasan

5. guru mengajar untuk kompetensi

6. guru mengajar untuk belajar

Bagian akhir dari buku kecil ini adalah menengahkan langka-langkah praktis untuk menjadi guru biofili, diantaranya yaitu :

1. Kuatkan cara pandang dan keyakinan terhadap profesi anda.

2. Ubah teaching menjadi learning.

3. Ubah persoalan siswa menjadi vitamin mental anda.

4. Jadikan murid sebagai subyek dan mitra belajar.

5. Lakukan seperti air mengalir.

Buku ini memang layak untuk dimiliki oleh setiap guru. Ukurannya yang mungil memungkinkan untuk dibawa kemana saja. Desain covernya cukup menarik minat. Apalagi dalam penyajiannya juga terdapat beberapa skema yang memudahkan guru untuk memahaminya. Bila semua guru mau mengikuti arahan dari buku ini, maka insya Alloh akan menjadi guru yang sangat disenangi oleh para murid-muridnya. Jadi siapkah kita menjadi GURU IDOLA ?

 

http://jaisy.multiply.com/journal/item/73

​​